PENGARUH
TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR
Siti Bariroh
Abstrak,
Salah satu penentu untuk mencapai prestasi yang tinggi adalah terpenuhinya segala
kelengkapan dan kebutuhan siswa untuk menunjang belajar baik di rumah maupun di
sekolah. Oleh karena itu kondisi sosial ekonomi orang tua yang tinggi dapat mempengaruhi
atau memungkinkan terpenuhinya segala kebutuhan anak mengingat bahwa anak usia
sekolah dasar segala kebutuhan berasal dari orang tua. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua
terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Kebonsari
II dan Sekolah Dasar Negeri
Kebonsari I Kecamatan Jambangan Kota
Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi penelitian adalah siswa di
Sekolah Dasar Negeri Kebonsari II dan Sekolah Dasar Negeri Kebonsari I Kecamatan Jambangan
Kota Surabaya. Sampel diambil dengan teknik total sampling diperoleh responden
sebanyak 50 siswa. Pengumpulan
data dengan kuesioner, interview dan test. Setelah data terkumpul dianalisa
dengan korelasi produk moment untuk mengetahui tingkat sosial ekonomi orang tua
terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan hasil hitungan (rhitung) diperoleh
sebesar 0,39. Kita lihat dalam tabel N : 50 pada taraf signifikansi 5% ternyata
rtabel sebesar 0,273 dan taraf signifikansi 1% adalah 0,354. Hal ini
terbukti bahwa 0,39 lebih besar dari 0,354 maupun 0,273 artinya baik taraf
signifikansi 1% maupun 5% harga rxy tetap lebih besar dari rtabel.
Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi korelasi yang signifikansi
positif antara tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa
Sekolah Dasar Negeri Kebonsari II
dan Sekolah Dasar Negeri Kebonsari I Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan bagi orang tua menyederhanakan
pola dan gaya hidup sederhana sesuai
dengan anjuran pemerintah
sehingga keperluan pokok yang berkaitan dengan biaya pendidikan anaknya tidak
mengalami kendala yang tidak dapat diatasi. Setiap orang tua diharapkan selalu
memperhatikan dan mengutamakan fasilitas belajar anaknya baik menyangkut
keperluan buku pegangan, alat-alat tulis, tempat belajar, penempatan ruang belajar dan lain sebagainya. Bagi
guru diharapkan selalu memonitor anak didiknya yang berkaitan dengan keperluan
belajar baik di sekolah maupun di rumah. Kemudian jika ternyata terdapat
masalah hendaknya dipecahkan bersama-sama dengan pihak guru ataupun dengan Kepala Sekolah maupun dengan orang tua siswa.
Selengkapnya Unduh disini
Unduh File
Tidak ada komentar:
Posting Komentar