Rabu, 20 Mei 2015

E-Jurnal Jendela Pendidikan Vol ke4

PENGARUH TINGKAT SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Siti Bariroh

Abstrak, Salah satu penentu untuk mencapai prestasi yang tinggi adalah terpenuhinya segala kelengkapan dan kebutuhan siswa untuk menunjang belajar baik di rumah maupun di sekolah. Oleh karena itu kondisi sosial ekonomi orang tua yang tinggi dapat mempengaruhi atau memungkinkan terpenuhinya segala kebutuhan anak mengingat bahwa anak usia sekolah dasar segala kebutuhan berasal dari orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruh tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri Kebonsari II dan Sekolah Dasar Negeri Kebonsari I Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.
Jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi penelitian adalah siswa di Sekolah Dasar Negeri Kebonsari II dan Sekolah Dasar Negeri Kebonsari I Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Sampel diambil dengan teknik total sampling diperoleh responden sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dengan kuesioner, interview dan test. Setelah data terkumpul dianalisa dengan korelasi produk moment untuk mengetahui tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan hasil hitungan (rhitung) diperoleh sebesar 0,39. Kita lihat dalam tabel N : 50 pada taraf signifikansi 5% ternyata rtabel sebesar 0,273 dan taraf signifikansi 1% adalah 0,354. Hal ini terbukti bahwa 0,39 lebih besar dari 0,354 maupun 0,273 artinya baik taraf signifikansi 1% maupun 5% harga rxy tetap lebih besar dari rtabel. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa terjadi korelasi yang signifikansi positif antara tingkat sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Negeri Kebonsari II dan Sekolah Dasar Negeri Kebonsari I Kecamatan Jambangan Kota Surabaya.
Berdasarkan hasil penelitian diharapkan bagi orang tua menyederhanakan pola dan gaya hidup sederhana sesuai dengan anjuran pemerintah sehingga keperluan pokok yang berkaitan dengan biaya pendidikan anaknya tidak mengalami kendala yang tidak dapat diatasi. Setiap orang tua diharapkan selalu memperhatikan dan mengutamakan fasilitas belajar anaknya baik menyangkut keperluan buku pegangan, alat-alat tulis, tempat belajar, penempatan ruang belajar dan lain sebagainya. Bagi guru diharapkan selalu memonitor anak didiknya yang berkaitan dengan keperluan belajar baik di sekolah maupun di rumah. Kemudian jika ternyata terdapat masalah hendaknya dipecahkan bersama-sama dengan pihak guru ataupun dengan Kepala Sekolah maupun dengan orang tua siswa.

Kata Kunci : Tingkat Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar


Selengkapnya Unduh disini
Unduh File 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar